Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » Bupati dan Ketua DPRD Bursel Tak Hadiri Upacara Taptu
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS.
Pelaksanaan Upacara Taptu menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 70 yang berlangsung di Lapangan Terbang (Lapter) Namrole, Minggu (16/8) malam pukul 20.10 WIT dan selesai pukul 20.45 WIT tak dihadiri oleh Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Tagop Sudarsono Soulissa dan Ketua DPRD Kabupaten Bursel, Arkilaus Solissa.
Entah apa sebabnya kedua pejabat negara yang dipercayakan oleh rakyat Bursel sebagai pimpinan eksekutif maupun legislatif ini tak menghadiri upacara yang harusnya dimulai pukul 19.30 WIT dan molor 40 menit itu. Padahal, Tagop ada dikediamannya yang berjarak tak jauh dari lokasi kegiatan, yakni kurang lebih 200 meter saja.
Sementara Arkilaus yang sesuai agenda tersebut harus memimpin Upacara Taptu ternyata sementara berada diluar daerah dan menurut orang dekatnya sementara sakit, namun tak diketahui sakit apa yang dideritanya.
Dimana, akibat Arkilaus yang juga mantan Ketua DPC PDIP Kabupaten Bursel itu tak menghadiri Upacara Taptu dan menjalankan tugasnya sebagai Inspektur Upacara, maka tanggung jawab tersebut kemudian diambil alih oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bursel, Gerson Eliezer Selsily yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bursel.
Dimana, karena diduga kurangnya koordinasi yang baik dengan Inspektur Upacara, bahkan karena tak dilakukan gladi bersih, Selsily pun terlihat kakuh ketika menjadi Inspektur Upacara tersebut. Sebab, ketika dipersilahkan untuk memberikan amanah oleh MC, Vensca Leatomu, Selsily pun beberapa kali membalikan wajahnya ke arah MC seakan menunggu panduan lanjutan oleh MC.
Walau demikian, hal tersebut tak berlangsung lama dan Selsily pun dapat menguasai proses itu dan memberikan amanahnya hingga selesai dengan baik.
Dalam amanatnya, Selsily menghimbau kepada seluruh jajaran stakholder maupun masyarakat di Kabupaten Bursel untuk mempersiapkan hati dan jiwanya untuk menyambut detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945.
“Sementara itu, Komandan Upacara Taptu tersebut dipercayakan kepada Aipda Hervy Alfons.
Selain itu, ternyata bukan hanya Tagop dan Arkilaus yang tak menghadiri upacara itu, tetapi banyak anggota DPRD maupun pejabat Esalon di lingkup Pemkab Bursel pun tak ikut hadir.
Dimana, dari pihak DPRD Kabupaten Bursel yang hadir hanya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bursel dari PAN La Hamidi, Anggota DPRD Kabupaten Bursel yang juga Ketua DPC PDIP Kabupaten Bursel Sami Latbual, Anggota DPRD Kabupaten Bursel yang juga Ketua DPC Partai Nasdem Muhajir Bahta, Anggota DPRD Kabupaten Bursel yang juga Ketua DPC PKB Kabupaten Bursel Arwa Waris, Anggota DPRD Kabupaten Bursel dari PDIP Anselany Orpa Seleky, Anggota DPRD Kabupaten Bursel dari PAN Sedek Titawael dan Anggota DPRD Kabupaten Bursel dari Partai Demokrat, Ruben Tasane.
Sedangkan, dari pihak eksekutif, terlihat Wakil Bupati Kabupaten Bursel Buce Ayub Seleky, Sekda Kabupaten Bursel Mahmud Souwakil serta sekitar 25 orang pejabat Esalon II dan III di lingkup Pemkab Bursel serta sejumlah staf Bagian Humas.
Sedangkan, dari pihak TNI/Polri, terlihat Kapolsek Namrole Kompol Kahar Soelefi dan beberapa orang personilnya, serta Komandan Kompi (Danki) Senapan D di Yonif 731/Kabaresi Namrole, Lettu Inf Heru Dwi Santoso dan sejumlah personilnya.Sedangkan, peserta lainnya berasal dari beberapa orang guru dan ratusan siswa yang berasal dari sejumlah SD, SMP dan SMA di Namrole.Pada kesempatan itu, selain memberikan amanat, Selsily juga turut melakukan pembakaran terhadap obor induk dan dilanjutkan dengan pembakaran obor masing-masing regu anak sekolah.Selanjutnya, dengan dikawal sejumlah Satpol PP dan personil TNI, ratusan siswa itu kemudian melakukan pawai obor dari Lapter Namrole hingga Pelabuhan Namrole untuk selanjutnya mengikuti agenda Apel Kehormatan pada puku 24.00 WIT yang rencananya akan dipimpin oleh Danki Senapan D di Yonif 731/Kabaresi Namrole, Lettu Inf Heru Dwi Santoso.
Dimana, selain rangkaian agenda tersebut, agenda lain yang akan dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke 70 di Kabupaten Bursel antara lain pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera yang akan berlangsung di Lapangan Upacara Desa Elfule, Senin (17/8) pukul 10.00 WIT. Dimana, dalam agenda yang akan dipimpin oleh Bupati Kabupaten Bursel Tagop Sudarsono Soulissa itu dipastikan bakal tak akan dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Bursel Buce Ayub Seleky yang memilih untuk melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera di Kecamatan Leksula yang baru pertama kali diagendakan pihaknya selama memimpin Bursel bersama Tagop.
Selanjutnya, pada pukul 17.00 WIT akan dilakukan Upacara Penurunan Bendera di Lapangan Upacara Desa Elfule dan dipercayakan Inpsektur Upacara kepada Wakil Bupati Kabupaten Bursel, Buce Ayub Seleky yang belum dapat dipastikan dapat melaksanan tugas tersebut lantaran melakukan agenda yang sama di Kecamatan Leksula.
Selanjutnya, pada pukul 20.30 WIT akan diadakan acara Malam Ramah Tamah atau Syukuran HUT RI ke 70 di Kantor Bupati Bursel. (SBS-02)




Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!