Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » Kerukunan dan Toleransi Umat Beragama di Leksula Patut Diteladani
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole,
Kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Kecamatan Leksula selama ini patutlah dicontohi dan diteladani oleh masyarakat lima Kecamatan, di Kabupaten Bursel untuk meneladani kerukunan dan keharmonisan umat beragama yang dimiliki masyarakat di Kecamatan Leksula.
Hal itu dikatakan Asisten II Setda Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Ais Lesnussa saat memberikan arahannya pada Safari Ramadhan 1436 H, Kamis (2/7) yang dipusatkan di Mesjid Nurul Akbar, Desa Nalbessy, Kecamatan Leksula, Kabupaten Bursel.
"Saya sangat terharu, bangga, bahkan sangat senang, saat menyaksikan keharmonisan dan kerukunan umat beragama yang dipertontonkan para pemimpin denominasi gereja di Kecamatan Leksula, dalam Safari Ramadhan 1436 Hijriah, hari ke 15, yang masih sangat berakar di Kecamatan Leksula, bahkan tak terkikis dengan perkembangan peradaban zaman," kata mantan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Kadishubkominfo) Kabupaten Bursel itu.
Lesnussa mengaku, pemandangan ini bukanlah pemandangan perdana di Nalbessy maupun di Leksula yang sengaja dipertontonkan masyarakat kedua Desa tersebut, dalam momentum tertentu. Sebab, masih kental dalam ingatan suami Elizabeth Oppier ini, saat moment perayaan hari besar keagamaan, baik Idul Fitri puluhan tahun silam, dimana kala itu Desa Nalbessy akan dipenuhi dengan hadirnya para basudara Kristen dari Desa Leksula, yang turut hadir memeriahkan hari kemenangan umat muslim itu dengan bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan.
Begitu pula, lanjutnya, suasana serupa pun ditunjukkan, saat umat Kristen merayakan Natal, dimana di Desa Leksula akan dibanjiri kaum muslimin dan muslimat Desa Nalbessy hanya untuk bersilaturahmi dan bersama saudara Nasrani lainnya.
"Pemandangan ini sangat berbeda selama Safari Ramadhan dilakukan, di sejumlah Desa di Kecamatan Namrole, tidak ditemui pemandangan seharmonis seperti ini. Dimana, dalam kegiatan Safari Ramadhan ini tidak hanya dihadiri masyarakat muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa, tetapi juga dihadiri sejumlah pimpinan dari denominasi gereja di Kecamatan Leksula," tuturnya.
Olehnya itu, Lesnussa meminta agar keharmonisan dan kerukunan yang telah ada tersebut dapat dipertahankan dan terus dilestarikan sehingga dapat menjadi icon percontohan bagi Kecamatan lainnya di Kabupaten Bursel yang merupakan salah satu impian Bupati Kabupaten Bursel, Tagop Soedarsono Soulissa, yakni menjadikan Bursel sebagai Kota Ambon tempo dulu. Dalam arti, tidak ada lagi sekat yang membatasi diantara umat beragama, bahkan pela dan gandong.
Hadir dalam Safari Ramadhan tersebut, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadissosnakertrans) Kabupaten Bursel Ronny Lesnussa; Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Bursel, Yan Latupeirissa; Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Keluarga Berencana (KB) dan Pemerintahan Desa David Seleky; Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Kabupaten Bursel Hairul Latif Tuahuns; Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Bursel Mansur Mony; Kepala Kantor Departemen Agama (Kakandepag) Kabupaten Bursel Japli Kalbamain; Camat Leksula Viktor Lesnussa dan Kades Leksula Jhon Teslatu, serta puluhan masyarakat Desa Nalbessy. (SBS-03)




Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!