Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » » » Hari Pertama, TOP-BU dan HIKMAT Tak Daftar ke KPU
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Namrole, SBS.
Walaupun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) telah membuka pendaftaran pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bursel periode 2016-2021 sejak Minggu (26/7) dan akan berakhir pada hari Selasa (28/7), namun ternyata padangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bursel yang memanfaatkan hari pertama untuk mendaftar ke KPU setempat.
Padahal, KPU Bursel telah menyiapkan ruangan maupun spanduk selamat datang bagi Calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mendaftar, tetapi sejak pukul 08.00 WIT hingga pukul 16.00 WIT sebagaimana waktu pendaftaran yang diberikan oleh KPU Kabupaten Bursel dihari pertama kemarin, ternyata tak ada satu pun pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang datang mendaftar ke KPU.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bursel, Said Sabi kepada wartawan di ruang kerjanya pun mengaku bahwa hari pertama pembukaan pendaftaran itu masih sunyi dari pendaftaran pasangan calon.
“Sampai saat ini, untuk hari pertama ini belum ada pasangan Calon yang datang mendaftar, namun sebagai penyelenggara kita tetap siap sesuai waktu pendaftaran dari pukul 08.00 WIT-16.00 WIT,” kata Ketua KAHMI Kabupaten Bursel itu.
Ketua KAHMI Kabupaten Bursel ini pun mengaku bahwa dari informasi yang diterima pihaknya, TOP-BU maupun HIKMAT direncanakan akan mendaftar pada hari Selasa (28/7). Maka dari itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan kedua pasangan calon untuk menyesuaikan waktu pendaftaran di hari yang sama tersebut agar tidak bersamaan.
“Yang kami dengar, mereka akan mendaftar pada hari terakhir. Olehnya itu, kita akan mencoa untuk mengkomunikasikan agar waktu pendaftarannya tidak bersamaan. Dimana, kita akan coba komunikasikan agar satu pasangan mendaftar di pagi hari dan satu pasangan lagi mendaftar siang hari,” ujarnya.
Sabi mengatakan bahwa kendati ada beberapa parpol yang belum memberikan rekomendasi, tapi dirinya memperkirakan, bahwa hanya akan ada dua pasangan calon yang mendaftar dan bertarung dalam Pilkada Bursel. “Kelihatannya hanya dua pasangan, tapi pastinya nanti kita lihat hari Selasa,” ucapnya.
Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Nasdem Kabupaten Bursel, Muhajir Bahta kepada SBS via telepon selulernya Minggu (26/7) mengaku bahwa pasangan Tagop Sudarsono Solissa-Buce Ayub Seleky (TOP-BU) belum akan mendaftar ke KPU pada hari pertama maupun kedua, tetapi TOP-BU akan memanfaatkan hari terakhir yakni, hari Selasa (28/7) untuk mendaftar.
“Direncanakan tanggal 28 Juli 2015 akan dilaksanakan Deklarasi Pasangan TOP-BU langsung mendaftar ke KPU,” kata Bahta.
Menurut, Bahta untuk proses detail deklarasi maupun pendaftaran ke KPU nantinya akan dibicarakan secara bersama oleh pasangan calon, yakni TOP-BU dan parpol pengusung, Senin (27/7) malam.
“Untuk proses deklarasi dan pendaftaran serta pembentukan Tim Pemenangan akan kita bicarakan besok malam (hari ini-red,” terang anggota DPRD Kabupaten Bursel itu.
Sementara itu, Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bursel yang diusung oleh Partai Gerindra dan PKS, yakni Hakim Fatsey-Anthon Lesnussa (HIKMAT) direncanakan akan mendaftar Senin (27/7).
“Kalau tidak ada kendala kami akan mendaftar ke KPU tanggal 27 Juli 2015,” kata Fatsey kepada wartawan di Posko HIKMAT di Jalan Baru Desa Elfule, Kecamatan Namrole usai diarak oleh ribuan pendukung fanatiknya keliling Namrole, Sabtu (25/7).
Menurut Fatsey, dengan rekomendasi Partai Gerindra dan PKS, HIKMAT telah memenuhi syarat dukungan parpol untuk mendaftar ke KPU.
“Pasti kita akan lolos pendaftaran di KPU, sebab rekomendasi Partai Gerindra dan PKS sudah kami miliki dan sesuai aturan dan sesuai dengan jumlah 20 kursi di DPRD Kabupaten Bursel, maka kami sudah memenuhi syarat dukungan parpol,” tandasnya.
Walau begitu, Ketua DPC Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bursel, Mahmud Mukadar mengaku bahwa pendaftaran pasangan HIKMAT bisa saja molor ke hari Selasa (28/7) atau hari terakhir pembukaan pendaftaran. Sebab, kepastiannya akan dibicarakan lagi oleh pihaknya.
“Nanti beliau berdua kembali dulu (dari Ambalau dan Leksula red) baru kita bicarakan lagi soal kepastian waktu pendaftarannya itu,” kata Mukadar.
Lanjut Mukadar, pihaknya akan terlebih dahulu membentuk tim pemenangan barulah HIKMAT akan mendaftar ke KPU sehingga bisa saja pendaftaran HIKMAT ke KPU berlangsung hari Selasa (28/7) besok.
“Jadi, kalau tidak jadi besok (Senin-red), berarti pasangan HIKMAT akan daftar hari Selasa (besok-red),” ucapnya. (SBS-02)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!