Select Menu

Berita Utama

Pemerintahan

Sosial

News Politik

News Hukrim

News Buru Selatan

News Kabupaten Buru

News Pariwisata

» » » 188 Napi di Maluku Peroleh Remisi Idul Fitri
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Ambon -
Sebanyak 188  narapidana (napi) beragama Islam yang menghuni 13 lembaga pemasyarakatan (Lapas), rumah tahanan negara (Rutan) maupun cabang rutan di Maluku memperoleh pengurangan hukuman atau remisi khusus bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1436 H.
Sebelumnya 234 Napi itu diusulkan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Provinsi Maluku dan akhirnya hanya ditetapkan sebanyak 188 orang berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly, tertanggal 17 Juli 2015.
Di Provinsi Maluku, pemberian remisi khusus itu digelar di Lapas Klas IIA Ambon, yang diserahkan secara simbolis bagi dua napi pidana umum oleh Kepala Devisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Provinsi Maluku, PC Anwar.
Dalam sambutan tertulis Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly yang dibacakan Anwar menjelaskan, pemberian remisi khusus ini didasarkan pada Keputusan Presiden RI No. 174 tahun 1999 tentang Remisi, Peraturan Pemerintah No. 28 tahun 2006 serta Peraturan Pemerintah No. 99 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas PP 32 tahun 1999 Tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.
“Khusus untuk Maluku, saat perayaan Idul Fitri 1436 H ini, dari 188 Napi yang mendapatkan remisi khusus langsung bebas atau RK II sebanyak lima orang sementara 183 orang mendapatkan remisi khusus pemotongan masa tahanan atau RK I,” ujarnya.
Sementara khusus untuk Lapas Klas II A Ambon, lanjut dia, dari 85 napi yang memperoleh remisi, satu diantaranya memperoleh remisi langsung bebas sementara 84 napi lainnya memperoleh pemotongan masa tahanan.
Kendati demikian, Anwar enggan membeberkan nama-nama para napi yang memperoleh remisi tersebut. Dirinya merincikan di Lapas Klas IIA Ambon 85 orang, Lapas Klas IIB Piru 13 orang, Lapas Klas II B Tual 25 orang, Rutan Klas IIA Ambon 20 orang, Rutan Klas IIB Masohi 21 orang, Cabang Rutan Banda 1 orang, Cabang Rutan Namlea 18 orang, Cabang Rutan Wahai 2 orang, Cabang Rutan Dobo 1 orang dan Cabang Rutan Saumlaki 2 orang sementara tiga cabang Rutan lainnya yakni Wonreli, Geser dan Saparua tidak diusulkan menerima remisi khusus tersebut. Sama halnya dengan nara pidana warga negara asing (WNA). (Siwa5)



Bagi Berita Ini

About SUARA BURU SELATAN

Suara Buru Selatan adalah Admin yang mengelolah Artikel dan Berita di website www.SuaraBuruSelatan.com. Website ini Menyajikan beragam Berita. Objek pemberitaan meliputi Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan. Tank's sudah berkunjung ke Website kami. Hubungi kami di E_mail : Su4rabursel@gmail.com No. Hp 08121443461 Regard's, SBS
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Mohon berkomentar dengan attitude yang baik...
Dilarang menggunakan Anonymous !!!